Umum! 5 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

TERURUS.COM – Sering mengalami keluar sendiri saat bermain game di Android? Hal tersebut bisa saja di sebabkan oleh beberapa alasan. Dan yang paling sering terjadi ialah memori atau yang biasa di sebut dengan RAM pada smartphone anda memiliki kapasitas yang minim, jadi tidak heran bila anda memainkan game yang memiliki kualitas HD akan terasa lag di HH anda dan akhirnya keluar sendiri tanpa kita tutup. Memang hal ini akan begitu menjengkelkan bila sering terjadi pada kita. Sebab saat kita memainkan game dan sedang serius-seriusnya lalu masalah tersebut muncull. Namun anda tidak perlu khawatir karena disini kamig akan berbagi tips agar memainkan game di Android tidak keluar sendiri (force close). Mari kita simak beberapa tipsnya berikut ini.

Cara mengatasi game keluar sendiri

5 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Berdasarkan pengalaman yang saya alami pada saat kita memainkan game di Android lalu tiba-tiba saja game keluar sendiri maka ada beberapa masalah yang timbul. Untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan menjabarkan beberapa faktor dan juga solusinya.

1. Masalah Memori atau RAM

Ini merupakan masalah yang umum dan sering terjadi pada tablet atau ponsel low end yang memang di bekali kapasitas ram yang minim. Pada saat memainkan game besar apa lagi game yang memiliki grafis yang bagus dan HD maka pasti juga akan berdampak pada ram di ponsel kita. Karena selain ram tesebut memproses game yang kita mainkan ada juga proses yang berjalan di belakang layar Android tanpa sepengetahuan kita. Untuk itu solusinya yakni Cuma satu, silahkan berhentikan proses yang berjalan di belakang layar dan lakukanlah pengompresan memori menggunakan aplikasi pengompres seperti clean master dan sejenisnya yang dapat anda dapatkan biasanya pada akhir postingan ini di bawah.

2. Game Dalam Bentuk File .APK

Bukan tidak di perbolehkan bagi anda untuk mendownload file apk selain dari play store, namun sebelum mendownload alangkah baiknya anda cek terlebih dahulu file tersebut dan jenis game tersebut apakah cocok untuk HH anda atau malah sebaliknya. Kebanyakan kita sudah susah payah mendownloadnya di google namun setelah di install game tersebut tidak bisa di buka. Maka dari itu disini saya menyarankan untuk anda mendownloadnya langsung dari google play store agar lebih aman.

3. Bersihkan Cache Game dan Aplikasi Lainnya

Cache juga sering menjadi masalah yang mengakibatkan Android menjadi lemot, untuk mengatasi cache ini Cuma satu yakni dengan cara menghapusnya, untuk menghapusnya silahkan anda bisa gunakan app cleaner seperti clean master. Atau juga bisa menghapusnya dengan cara manual tanpa bantuan aplikasi dengan masuk ke pengaturan > aplikasi lalu cari game yang ingin di mainkan dan kalian akan menemui disana clear cache atau celar memori (bukan clear data!!)

4. Game Dengan Grafik Tinggi (HD)

Seperti yang sudah saya ulas di atas untuk game yang berukuran tinggi dan apa lagi memiliki grafik yang mantap maka jangan di paksakan untuk bisa berjalan dengan baik pada hp atau tablet yang memang memiliki spesifikasi minim. Silahkan sesuaikan game yang ada dengan smartphone dan tablet miliki sobat.

5. Reboot Android

Tips yang terakhir yakni adalah dengan kita melakukan reboot/restart atau mematikan lalu menghidupkan kembali Hp kita. Ini merupakan cara yang sering saya lakukan pada saat memaikan game lalu hp saya mulai lemot dan juga lag maka saya lakukan dengan trik ini. Karena dengan trik tersebut sistem di Android akan di ulang ke seperti semula baik dari kinerja CPU, RAM dan semua proses yang sudah tadi di buka dan di jalankan akan kembali seperti semula (refresh).

Silahkan praktekan tips mengatasi game Android keluar sendiri di atas, jika masih belum ada kemajuan maka saya sarankan ganti custom rom anda dengan yang memang cocok untuk gaming. Atau yang lebih ampuh lagi yakni silahkan lembiru (lempar yang lama beli yang baru, wkwkwk) ok selamat mencoba.