2 Cara Membersihkan Cache Android 100% Bersih dan Otomatis

TERURUS.COM – Sebagian orang banyak yang belum mengetahui bahwa Android lemot salah satunya di sebabkan oleh cache. Apa itu cache? cache adalah file yang di sebabkan oleh aplikasi apabila kita menggunakan aplikasi tersebut, contoh jika anda membuka aplikasi facebook maka otomatis aplikasi Facebook tersebut akan menyimpan sejumlah file pendukungnya (Cache) sehingga bila hal ini terjadi berkelangsungan semisal anda sangat sering menggunakan aplikasi facebook otomatis file cache juga akan semakin banyak.

Untuk mengeceknya silahkan pergi ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin di lihat cachenya. semisal BBM.

Jadi untuk membuat Android kita agar tetap dalam performa maksimal maka lakukanlah pembersihan cache secara rutin misalnya 3 hari sekali atau satu hari satu kali malah tambah bagus. Cara untuk membersihkan cache di Android yang ampuh bisa kita lakukan dengan 2 cara yakni dengan cara manual dan otomatis (menggunakan aplikasi).

Untuk cara manual bisa di pastikan sedikit ribet karena kita perlu masuk ke setelan handphone terlebih dahulu dan mencari satu persatu aplikasi yang memiliki file sampah paling banyak, sedangkan dengan menggunakan aplikasi maka hanya dengan satu tap saja kita sudah dapat membersihkan cache seluruh aplikasi hingga bersih.

Cara Membersihkan (Cleaner) Cache di Android

1. Cara Manual

Cara yang pertama adalah dengan menghapus cache dengan manual. Kita bisa masuk ke setting > aplication > lalu cari aplikasi yang sering di gunakan dan hapus cache. Untuk beberapa perangkat seperti Asus Zenfone, Samsung Galaxy, LG, Oppo, Xiaomi Redmi, HTC, Andromax dan vendor lainnya caranya pun sama baik versi Android kitkat, jellybean, ginggerbread, lollipop dan lainnya.

Cuma mungkin ada sebagian yang tidak bertulisakan “cache” akan tetapi bertulisakan “hapus memori”. Namun perlu di ingat hanya pilih hapus cache/hapus memori saja dan jangan sesekali mencoba untuk memilih “hapus data” apa lagi “hapus aplikasi”.

2. Cara Otomatis (Menggunakan Aplikasi Cleaner)

Cara yang kedua ialah dengan menggunakan aplikasi, dengan cara ini mungkin akan lebih gampang di terapkan dari pada cara yang pertama. Hanya kalian terlebih dahulu perlu memiliki aplikasi pembersih seperti Clean Master untuk membersihkannya. Jika dengan menggunakan cara manual kita harus mencari satu persatu aplikasi yang ingin di bersihkan maka dengan aplikasi clean master kita dapat melakukannya hanya dengan satu kali klik.

Tidak hanya cache yang dapat di hapus dengan bersih akan tetapi file-file tidak perlu seperti file sisa dari aplikasi yang sudah kita hapus juga akan bisa kita bersihkan dengan Clean Master.

Lihat juga : Cara Membuat Video Animasi Keren di Android

Dalam melakukan penghapusan cache dengan cara manual pastikan anda tidak salah dalam memilih menu, jangan sampai anda memilih hapus data yang mana nanti kalian akan kehilangan semua data pada aplikasi tersebut.

Sehingga saya sarankan untuk anda lebih baik menggunakan Clean Master agar lebih mudah dalam melakukan pembersihan cache di Android. dapatkan aplikasi Clean Master di Google Play.