Cara Ampuh Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti”

TERURUS.COM – Sayangnya google play store telah berhenti – Sering sekali terjadi pada pengguna Android yang mencoba untuk membuka aplikasi tersebut entah untuk mencari aplikasi di Play Store ataupun juga saat mengunduh aplikasi lainnya lalu tiba-tiba muncul notifikasi seperti di atas. Tentu hal ini tidak bisa kita biarkan terus menerus karena dapat mengakibatkan juga kita akan ketinggalan update aplikasi lainnya yang sudah terinstal di HP kita dan juga kita tidak dapat mencari aplikasi terbaru yang keren dan gratis di Play Store.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti misalnya Google Play Store jarang kita update ataupun juga terdapat file cache yang sudah lama menumpuk di dalamnya dan tidak pernah di bersihkan, nah file cache ini merupakan serangkaian file yang di simpan pada sebuah aplikasi dan biasanya sering di gunakan pada saat kita membuka aplikasi tersebut lagi agar nantinya tidak perlu meload gambar ataupun data yang baru lagi (file sementara). Namun taukah anda bahwa kita tidak dapat membiarkan file cache tersebut terlalu lama berada di Android kita karena pada akhirnya file tersebut akan bejibun semakin besar apa bila kita biarkan terlalu lama. Maka alangkah baiknya bagi kita untuk tetap meninjau gadget kita agar tetap terjaga dari file tersebut. Untuk membersihkannya kita akan bahas dibawah nanti.

Kasus sayangnya Google Play Store telah berhenti tidak hanya terjadi pada merk HP tertentu namun bisa terjadi pada semua brand smartphone seperti Xiaomi, Andromax, Zenfone, Oppo, Samsung Galaxy, Advan, Lenovo, Sony Xperia dan juga brand lainnya yang menggunakan OS Android baik ginggerbread, jelly bean, kitkat, ice cream sandwitch, froyo, lollipop dan tidak menutup kemungkinan juga untuk Android yang akan datang yakni Android M. Dan untuk mengatasi masalah tersebut disini saya akan memberikan tiga langkah mudah. Silahkan simak berikut ini.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti

  1. Cara pertama yakni kita akan menonaktifkan aplikasi google playstore di hp Android anda dan juga membersihkan cachenya. Silahkan anda pergi setting > Apps > All dan cari Google Play Store. Setelah itu tap force close/paksa berhenti lalu tap juga clear data dan cache untuk mebersihkan file cache. Tap uninstall update, agar mengembalikan versi dari Google Play Store ke versi sebelumnya karena mungkin di versi yang terbaru ini tidak cocok untuk HH anda.
  2. Masih pada tampilan All pada aplikasi sekarang silahkan anda cari aplikasi Google Play Service lalu clear cache.
  3. Tahap terakhir adalah silahkan matikan HP anda dan cabut baterai serta micro sd. Setelah beberapa saat kemudian silahkan hidupkan kembali.

Untuk anda yang kebingungan dalam hal membersihkan cache seperti pada langkah di atas maka saya saranan untuk menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master. Atau untuk yang sudah di root sebaiknya menggunakan aplikasi SD Maid untuk membersihkan berbagai macam file sampah di Android anda secara penuh.

Baca juga : 5 Aplikasi Pembersih Sistem Android Secara Total

Demikian untuk cara mengatasi Google Play Store telah berhenti yang sangat mudah saya rasa untuk dilakukan dan diterapkan, selamat mencoba.