7 Tips Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

TERURUS.COM – Pernahkah anda mengalami layar sentuh Android error dan tidak bisa di sentuh? mungkin semua pernah merasakannya. iPhone pertama diluncurkan pada tahun 2007 yang membuat revolusi untuk cara kita menggunakan handphone dengan salah satu fitur andalannya yakni layar sentuh (Touchscreen). Sudah hampir satu dekade sejak saat itu dan hari ini kita tidak bisa membayangkan hidup kita dengan telepon yang tidak memiliki layar sentuh dan bahkan diantara kita sudah banyak yang tidak terbiasa dengan hp dengan tombol. Semua smartphone jaman ini sudah memiliki fitur layar sentuh, Google membawa touchscreen secara massal dengan hadirnya Android. Karena segala sesuatu yang kita lakukan pada smartphone Android bergantung pada layar sentuh, akan sulit jika sebuah smartphone Android layar sentuh tiba-tiba tidak bisa digunakan dan berhenti bekerja atau bahkan tidak cukup responsif. Selama sebagai tampilan tidak benar-benar hancur, kami akan mencoba untuk membantu permasalahan yang anda alami.

7 Tips Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

7 Tips Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

Cara Mengatasi Masalah Touchscreen Error di Android

1. Periksa Penggunaan RAM

Kemungkinannya adalah layar sentuh hp Anda mungkin tidak cukup responsif karena faktanya bahwa antarmuka Android yang sudah lawas. Anda perlu menyadari bahwa ada sebagian Android yang memang sering mengalami hal tersebut dikarenakan kurangnya RAM, itu mungkin tidak akan mampu bersaing dengan berbagai aplikasi Anda saat akan dijalankan. Dengan begitu, respon dari touchscreen akan kurang.

Hal terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menyisakan RAM sebanyak mungkin yang Anda bisa. Kita dapat melakukannya dengan memberhentikan beberapa aplikasi yang tidak perlu, atau bisa dengan cara menghapus aplikasi bloatware dan cara lain untuk membersihkan RAM pada Android.

RAM Android

2. Aktifkan GPU 2D Rendering

Jika Anda merasa perangkat Android lemot untuk melakukan sentuhan, salah satu penyebabnya mungkin dari transisinya. Untuk memperbaikinya, silahkan hidupkan kemampuan GPU render. Anda dapat mengaktifkannya dengan cara pergi ke Pengaturan > Opsi Pengembang.

Enable GPU 2D Rendering

Namun jika opsi pengembang belum muncul di hp Anda, maka Anda harus mengaktifkannya dengan cara pergi ke pengaturan > tentang telepon dan ketukan pada nomor bentukan sebanyak 7 kali. Memungkinkan GPU 2D Rendering harus membuat pengguna elemen antarmuka dan transisi menjadi lebih cepat.

3. Matikan Ambient Display

Sementara kita tidak tahu alasan yang tepat pada Ambient display fitur yang sudah ada pada Android Lollipop tampaknya menyebabkan beberapa masalah dengan layar sentuh responsif di ponsel kita. Ambient display sangat banyak seperti fitur layar Moto, fungsi dari Ambient display ini adalah untuk mendapatkan pemberitahuan penting hanya dalam format hitam putih, sementara perangkat masih dalam keadaan terkunci. Sementara fitur ini mungkin berguna untuk perangkat yang tidak menampilkan pemberitahuan LED yang artinya lampu led tidak berkedip atau malah tidak memiliki led notifikasi, Anda harus mencoba mematikan fitur ini untuk pengalaman menggunakan layar sentuh yang lebih baik. Untuk melakukannya silahkan pergi ke pengaturan> tampilan dan matikan “Ambient layar”.

Matikan Ambient Display

4. Melakukan Kalibrasi Layar

Seiring waktu saat kita gunakan terus layar cenderung akan terasa lebih hangat. Dan karena rasa hangat tersebut cenderung layar akan lelah seperti mengakibatkan salah sentuhan. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara melakukan kalibrasi layar.

Melakukan Kalibrasi Layar

Sementara Android Native memungkinkan Anda memperbaiki warna dalam Setelan aksesibilitas, itu ditujukan pada orang-orang dengan penglihatan yang kurang baik. Jadi jika Anda ingin untuk mengkalibrasi layar Android, Anda dapat menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration yang mengatur keran, ganda keran, gerakan menggesek dan gerakan mencubit dalam proses sederhana namun radikal. Selain itu ia juga akan menunjukkan keakurasian touchscreen.

5. Tes Multi-Touch

Jika Anda merasa bahwa layar sentuh perangkat Anda bekerja tidak dengan sebagaimana mestinya, berarti itu mungkin ada beberapa masalah dengan multi-touch yang dimiliki. Itu juga dapat menjadi masalah pada bagian hardware dengan tampilan digit tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk saat ini smarpthone memiliki 5-10 titik multi-touch dan Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti MultiTouch Tester untuk melihat jika semua titik sentuhan bekerja dengan baik sehingga Anda bisa memastikan bahwa masalah bukan karena multitouch nya.

Tes Multi-Touch

6. Cobalah Mode Aman

Jika Anda merasa bahwa layar sentuh masih bermasalah mungkin salah satu penyebabnya adalah disebabkan dari aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi buruk bagi hp Anda, maka cobalah lakukan cara hidupkan hp Anda pada safe mode layaknya seperti di PC Windows. Ketika perangkat Android Anda berjalan di safe mode, maka akan hanya aplikasi sistem yang akan berjalan dan aplikasi pihak ketiga otomatis tidak akan dijalankan, yang berarti bahwa jika Anda memiliki sebuah aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyebabkan masalah untuk touchscreen, Anda akan tahu. Untuk cara masuk safe mode atau mode aman bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power off hingga muncul tiga pilihan yakni shutdown, restart dan airplane mode. Silahkan anda tap agak lama pada bagian shutdown maka nanti akan muncul notifikasi untuk masuk safe mode dan klik ok.

Cobalah Mode Aman

7. Periksa Charger Anda

Jika Anda menghadapi masalah touchscreen hanya jika hp Anda terhubung ke pengisi baterai misalnya. Ini adalah masalah yang seharusnya muncul hanya jika Anda menggunakan pengisi baterai pihak ketiga atau KW. Alasan dapat pengisi baterai atau kabel buruk didasarkan atau bisa juga jika pengisi baterai terlalu kuat untuk perangkat Anda, sebaiknya sebelum membeli anda juga perhatikan kekuatan arus dan volt.

Baca Artikel Menarik : 6 Aplikasi Keren Untuk Mengubah Suara di Android dan iOS

Jika anda belum menemukan solusi atas permasalahan pada layar sentuh Android Anda sebaiknya bawa smartphone Anda ke konter atau service center untuk lebih mengetahui penyebanya. Begitulah mengenai tips cara mengatasi touchscreen error di Android semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.