3 Cara Membuat Memori Internal Android Lebih Ringan

TERURUS.COM – Sering kali kita mendapati peringatan memori penuh yang artinya sudah terlalu banyak file yang kita simpan di memori Android kita. Dan solusi terbaik adalah dengan cara menghapus file tidak penting atau yang sudah tidak kita perlukan lagi agar memori jadi lebih enteng dan tidak berat. Namun masih banyak juga ternyata para pengguna yang belum mengetahui untuk cara mem-format memori telpon di Android. Karena rata-rata dari mereka lebih paham untuk melakukan format sdcard dari pada memori internal.

Ada berbagai metode yang bisa kita lakukan untuk mengosongkan memori hp Android agar tidak berat mulai dari factory reset, flashing dan cara lainnya yang pastinya aman untuk diterapkan. Mungkin kalian akan berpikir bahwa memformat memori Android membutuhkan akses root, nyatanya meski tanpa root sekalipun kita tetap bisa untuk melakukan formatting.

factory-reset-android

Cara Membuat Memori Internal Android Lebih Ringan


Pada awalnya saya berfikir bahwa untuk melakukan format ulang memori hanya bisa dilakukan dengan cara flashing menggunakan PC, nyatanya meski tanpa PC sekalipun ternyata bisa. Pada smartphone Android sudah disediakan fitur factory mode dimana pada mode ini kita bisa melakukan formatting atau flash ulang (kembalikan ke pengaturan pabrik) langsung dari hp Android itu sendiri.

3 Cara Memformat Memori Telpon Android

Disini kami akan memberikan 3 cara untuk memformat memori telpon Android supaya anda bisa mengembalikan kembali kinerja hp anda ke seperti bawaan pabrik yang ringan dan juga sederhana.

1. Factory Reset

Cara pertama ialah dengan cara melakukan factory reset atau yang biasa kita sebut hard reset. Format ulang jenis ini akan membersihkan semua file yang ada pada memori internal Android anda secara bersih hingga hanya tersisa aplikasi bawaan dari hp. Data yang akan terhapus meliputi game/aplikasi yang terinstal di memori internal, file, akun sosial media seperti fb, twitter, google, line, WA dan lainnya. Maka pastikan anda sebelum melakukan factory reset silahkan backup dulu semua data-data penting terutama akun Google, karena kebanyakan para pengguna suka lupa dengan password yang ada pada akun Google nya lalu tidak tau cara untuk mengebalikan akun Google Android yang lupa.

2. Format Memori Android Menggunakan Bantuan PC/laptop

Jika anda ingin menggunakan cara ini untuk meringankan memori internal anda, maka pastikan sebelumnya anda sudah mencopot memori card (sdcard) yang anda gunakan pada ponsel guna menghindari agar nanti pada saat proses reset data yang ada pada memori eksternal tidak ikut keformat. Koneksikan perangkat Android anda ke PC maka nanti akan muncul pilihan dimana anda bisa memformat memori internal anda, namun untuk fitur ini hanya berlaku pada beberapa perangkat saja contohnya seperti Samsung tipe tertentu. Jika tidak terdapat fitur tersebut, anda bisa melakukan penghapusan data secara manual dengan cara mencari file yang paling berat dan silahkan anda hapus.

3. Menggunakan Aplikasi Format SD Card

Salah satu cara yang menurut admin paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi format sd card, dengan aplikasi ini kalian tidak perlu melakukan seperti factory reset karena hanya dengan cara melepaskan memori card anda lalu silahkan anda instal aplikasi gratis ini dengan cara mendownloadnya di Play Store. Setelah itu silahkan anda pilih memori telpon maka akan secara otomatis dia akan terformat.

Tips : Cara Edit Foto Terlihat Melayang di Android

Kesimpulannya adalah cara ini merupakan cara yang ampuh untuk meringankan memori internal di Android, sebab dalam prosesnya semua file yang ada pada memori telpon akan dihapus secara total. Admin sendiri lebih senang melakukan format ulang via Factory Reset karena hasilnya sangat bersih dan lebih mudah, atau bia juga menggunakan beberapa aplikasi format memori. Selamat mencoba.