6 Cara Mengatasi ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Mengirim File

TERURUS.COM – Mengapa shareit tidak bisa menerima file dan mengirimnya? Jika dulu kita lebih sering menggunakan bluetooth untuk mengirim file, pasti kegelisahan yang timbul dan sering adalah leletnya transfer file antara perangkat penerima dan pengirim. Namun dengan adanya fitur wifi di hampir semua smartphone android, maka sekarang telah hadir aplikasi transfer file paling cepat yakni ShareIt.

Namun terkadang sejumlah pengguna shareit mengalami masalah pada smartphonenya, yakni tidak bisa menerima bahkan mengirim file menggunakan aplikasi berbagi file yang sedang populer ini. Oh iya, bagi anda yang belum tau shareit itu apa, ShareIt adalah aplikasi berbagi file cepat baik itu aplikasi dan file lainnya dengan menggunakan fitur hotspot/wifi sebagai perantara.

Cara Mengatasi ShareIt

Cara Mengatasi ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Mengirim

Terkadang jika kita mengirim file terlalu banyak, maka aplikasi shareit akan error dan tidak bisa menerima lagi. Solusinya silahkan anda simak beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya.

1. Update Aplikasi

Cara Mengatasi ShareIt Tidak Bisa Menerima dan Mengirim
Pada setiap pembaharuan yang di lakukan pada aplikasi, tentu telah menyisipkan sejumlah perbaikan pada bug yang terdapat. Oleh karena itu, jika anda mengalami error di shareit sehingga tidak bisa menerima file dsb, maka cobalah untuk melakukan update terhadap aplikasi tersebut. Silahkan update di Play Store untuk mendapatkan versi terbaru.

2. Force Stop dan Clear Data

Saat anda melakukan proses transfer, sedikit banyak proses itu akan membuat file-file sisa kecil yang disebut cache. Nah, jika anda terus saja melakukan proses transfer dan menghiraukan file ini, maka lambat laun akan makin menumpuk dan membuat hp anda lemot. Solusinya adalaha silahkan clear cache dan data pada aplikasi shareit. Masuk ke Setelan > Aplikasi > ShareIt dan silahkan tekan tombol Clear Data.

3. Hotspot Bermasalah

Jika anda tidak bisa menerima atau mengirim dengan shareit, maka kendala yang sering terjadi adalah pada wifi/hotspotnya. Mengingat perantara dari proses transfer file adalah hotspot, maka silahkan anda cek apakah pada saat mengeklik tombol TERIMA di shareit hotpsot anda juga sudah aktif?

4. Install Ulang ShareIt

Terkadang aplikasi yang terpasang juga bisa crash (rusak) oleh beberapa sebab, yang bisa mengakibatkan error. Untuk memulihkan semua data agar normal seperti biasa, maka dibutuhkan install ulang terhadap aplikasi. Silahkan anda download lagi ShareIt dalam bentuk APK ataupun minta kepada teman anda yang juga menggunakan shareit melalui fitur Invite.

5. Reboot / Restart Handphone anda

Saat semua cara diatas sudah dilakukan, silahkan reboot perangkat anda untuk mengembalikan kinerjanya agar lebih baik lagi. Smartphone itu juga sama seperti manusia, mereka juga perlu waktu istirahat untuk bisa beraktivitas kembali seperti semula.

6. Alternatif Selain ShareIt

Jika semua cara diatas sudah tidak mempan dan shareit anda masih tetap tidak bisa mengirim dan menerima file, maka solusi terakhir adalah silahkan anda gunakan aplikasi transfer file lain semacamnya. Ada banyak di Play Store yang bisa anda temukan.

Baca juga:

Demikian mengenai cara mengatasi ShareIt tidak bisa menerima dan mengirim file di android. Oh iya, kamu juga harus pastikan bahwa aplikasi shareit lawan transfer kamu normal. Udah segitu aja, selamat mencoba.